Kamis, 12 November 2009

Mendapatkan pengalaman browsing yang lebih baik dengan Mozilla

OK, jadi pengalaman browsing dengan Mozilla sangat menyenangkan, namun Mozilla dapat ditingkatkan dengan berbagai cara untuk mendapatkan fungsionalitas yang lebih. Dalam artikel ini, saya hanya akan membahas beberapa cara untuk meningkatkan kemampuan browsing, walaupun juga tersedia banyak ekstensi yang lain, mulai dari game hingga peralatan pengembangan web. Anda bahkan dapat memperoleh peralatan desain User Interface untuk mengembangkan ekstensi Mozilla buatan anda sendiri.
Tentunya, banyak orang yang akan mengatakan bahwa cara terbaik untuk menggunakan Mozilla adalah dengan menginstall Firefox, namun saya masih sedikit merasa terlalu nyaman dengan Mozilla, sehingga belum memutuskan untuk berpindah ke Firefox. Dalam berbagai hal, menggunakan ekstensi seperti Tabbed Browsing akan menambahkan kemampuan Firefox (dan bahkan lebih) pada Mozilla.

Artikel ini dimaksudkan sebagai awal dari seri yang berhubungan dengan topik desktop, yang akan membahas segalanya mulai dari GDesklets/Super Karamba (bulan depan!) hingga menjalankan aplikasi Windows dengan menggunakan Wine (dan membandingkannya dengan aplikasi penggantinya yang berjalan di Linux).

QuickManager

QuickManagerJika anda berpikir bahwa anda akan menggunakan banyak ekstensi, QuickManager adalah ekstensi pertama yang akan anda instal. QuickManager menggunakan daftar ekstensi yang tersedia dari the Database project (sebuah proyek untuk mengumpulkan catatan mengenai ekstensi Mozilla) untuk memudahkan anda menginstal beragam ekstensi.

Tentunya, anda selalu dapat mengunjungi MozDev dan melihat-lihat daftar ekstensi yang ada, namun tidak semua ekstensi Mozilla terdapat di sana. Salah satunya adalah ekstensi tabbrowser, sebuah ekstensi dimana saya tidak dapat melakukan browsing dengan nyaman tanpanya.

Ekstensi Tabbrowser

Ini adalah ekstensi yang paling penting bagi saya. Ekstensi tabbrowser akan menambahkan beberapa fitur yang bagus pada tab Mozilla. Mulai dari mengingat jumlah tab yang telah ditutup, hingga mengijinkan anda untuk menyusun kembali tab-tab sehingga halaman dengan topik yang sama dapat dikumpulkan. Ekstensi ini juga mengijinkan anda untuk memilih apakah tab-tab baru akan mendapatkan fokus (seperti pada Mozilla) atau tidak (seperti pada Firefox) tergantung pada bagaimana mereka dibuka. Anda dapat memilih untuk setiap tab apakah boleh menampilkan gambar, Java, Javascript atau frame. Anda juga dapat memilih untuk menyimpan session tab, dan jika Mozilla mengalami crash, ia akan menanyakan apakah anda ingin menampilkan kembali tab-tab yang terakhir dibuka.

Salah satu fitur terbaik bagi saya, bagaimanapun, adalah Auto Reload. Fitur ini mengijinkan anda untuk menentukan interval waktu bagi Mozilla untuk melakukan load ulang. Saya menggunakannya untuk memantau perubahan terakhir Wikipedia untuk memantau vandalisme dan menghapusnya dengan segera. (Mungkin ini adalah saat yang tepat untuk memasukkan sebuah plug). Walaupun Mozilla memiliki fungsi untuk memantau halaman yang telah dibookmark, dan memberikan peringatan kepada pengguna (dengan mengubah warna ikon atau dengan menggunakan suara) ketika halaman tersebut berubah, namun Wikipedia diupdate setiap beberapa detik, sehingga fitur ini tidak begitu berguna bagi saya.

Googlebar

Bagi saya, Googlebar menempati posisi kedua dalam hal kegunaan. Walaupun Mozilla dapat dikonfigurasi untuk melakukan pencarian dengan menggunakan bookmarklet (akan dibahas lebih lanjut dalam artikel ini), Googlebar menyediakan akses ke banyak, jika tidak semua, fasilitas Google melalui window browser - akan sangat membingungkan untuk mengingat semua keyword yang ada.

Fitur bagus lainnya adalah bahwa googlebar dapat mengingat jumlah pencarian terakhir yang anda lakukan (hingga 50 pencarian), yang tersedia sebagai menu drop-down.

Ekstensi-ekstensi kecil

NextImage

NextImage mungkin menjadi ekstensi Mozilla yang paling sederhana yang pernah ada. NextImage akan menemukan urutan terakhir pada URL, dan menambahkan sebuah opsi pada context menu browser untuk menaikkan maupun menurunkannya satu. Walaupun bahkan penulisnya sendiri menyebutnya sebagai “tidak berguna”, namun ide sederhana ini telah menghemat banyak waktu saya ketika membuka-buka /usr/share/doc. Ekstensi ini membutuhkan instalasi global (harus diinstal oleh user root).

Diggler

DigglerDiggler adalah ekstensi kecil yang lain. Ekstensi ini hanya akan menambahkan sebuah tombol untuk menghapus addressbar, mirip seperti yang ada pada Konqueror. Hal ini sudah cukup berguna bagi saya, namun Diggler juga menyediakan sebuah menu drop-down yang memungkinkan akses yang lebih mudah ke direktori level di bawahnya, dan sebuah alamat ftp untuk situs tersebut. Diggler juga membutuhkan instalasi global.

PopupAlt

Popup ALT menampilkan sebuah popup yang berisi tag ALT pada sebuah gambar ketika kita meletakkan mouse di atas gambar tersebut. Fitur ini, yang terdapat pada Netscape 4, dihilangkan dari Mozilla dengan alasan yang jelas.

User Agent Switcher

User Agent Switcher menampilkan sebuah submenu yang mengijinkan anda mengubah identitas Mozilla sebagai browser lain. Hal ini berguna bagi situs yang memblok akses ke browser selain Internet Explorer.

Bagi pengguna command line: Anda dapt melakukan hal yang sama dengan lynx:

lynx -useragent="Mozilla/4.0 (compatible; MSIE 6.0; Windows NT 5.1)" [url]

dengan wget:

wget -U "Mozilla/4.0 (compatible; MSIE 6.0; Windows NT 5.1)" [url]

atau curl:

curl -A "Mozilla/4.0 (compatible; MSIE 6.0; Windows NT 5.1)" [url]

Bookmarklet

Cara lain untuk memperluas kemampuan Mozilla adalah dengan menggunakan kata kunci bookmark. Dengan menggunakan bookmark manager (Bookmarks -> Manage bookmarks, atau Ctrl-B) anda dapat mengedit properti sebuah bookmark, dan memasukkan sebuah kata kunci. Hal ini memungkinkan anda menggunakan kode anda sendiri untuk mengakses URL yang sering dikunjungi melalui location bar.

Satu hal yang berguna adalah bahwa anda dapat mengganti setiap bagian dari URL dengan “%s”, yang akan diganti dengan teks apapun yang anda masukkan, dengan beberapa modifikasi untuk menghasilkan URL yang benar (spasi menjadi ‘%20′, dsb). Sebagai contoh, jika saya memiliki sebuah URL “http://slashdot.org/search.pl?query=%s” yang dibookmark dengan kata kunci “slash” (anda dapat membuat sebuah bookmark baru dari bookmark manager dengan File -> New -> Bookmark), jika saya mengetikkan “slash Alexis de Toqueville” maka Mozilla akan mengubah URL tersebut menjadi http://slashdot.org/search.pl?query=Alexis%20de%20Toqueville

Anda juga dapat memanfaatkan Javascript pada Bookmarklet. Ben telah mengirimkan beberapa bookmarklet ke mailing list The Answer Gang yang berguna untuk pengembangan web, yang mengijinkan anda untuk mengubah ukuran layar dengan cepat. Jika Ben telah membuat sebuah bookmark baru dengan URL “javascript:moveTo(0,20);window.resizeTo(1280,738)” dan kata kunci “fs”, ia akan dapat mengubah ukuran browsernya ke ukuran yang sesuai.

Saya telah membuat satu set contoh bookmarklet. Contoh ini bisa disimpan sebagai file teks, dan dapat diimpor ke dalam set bookmark yang telah ada pada Bookmark Manager, dengan menggunakan Tools -> Import.



Some Bookmarklets





Freshmeat Search

Search Wikipedia

IMDB Search


SHORTCUTURL="dict">Dict Search



href="http://www.google.com/search?q=%s&btnG=Google+Search&domains=linuxgazette.net&sitesearch=linuxgazette.net"

SHORTCUTURL="lg">Search Linux Gazette

Search Slashdot

Google Linux Search

Google Search

Merriam-Webster

Dictionary




Resize to 640x480

Resize to 800x600

Resize to 1024x768



 


Free CursorsMyspace LayoutsMyspace Comments
type='text/javascript'/>